NOVEL KIDUNG MALAM: SISI LAIN MAHABARATA

  • 2










Judul                     : Kidung Malam
Penulis                  : Herjaka HS
Penerbit                : Tembi Rumah                                                                                Budaya
Tahun terbit         : 2010
Kota terbit            : Bantul, DIY
Jumlah halaman : cover+xv+150



Buku ini merupakan novel wayang karya Herjaka HS yang berakar dari epos Mahabarata. Berpusat pada tokoh Durna, sang Maha Guru.
           Dalam novel ini, Durna tampil manusiawi. Tak beranjak dari pakem, Herjaka memang tidak memberi fakta-fakta baru, ia lebih memilih untuk ada menonjolkan aspek emosi manusiawi di dalamnya.
            Kisah dalam buku ini berpusar pada kehidupan Durna yang terlibat dalam konflik antara Pandawa dan Kurawa, murid-muridnya. Dibumbui perasaan sentimental Durna terhadap Wilutama dan Aswatama, dendam terhadap kawannya sendiri Drupada, serta perasaan bersalah pada Ekalaya yang terus menghantuinya.
            Yang menarik dari buku ini adalah pemilihan tokoh sentralnya yang tak biasa. Menggunakan bahasa bertutur yang kadang diselipi ungkapan-ungkapan berbahasa Jawa, buku ini juga dilengkapi ilustrasi wayang karya Herjaka yang menjadikannya semakin khas. Novel Kidung Malam bisa didapatkan di Tembi Rumah Budaya.

2 comments:

tya zuhrotin nisa said...

Halo, untuk novel kidung malam cetakan pertama ada berapa bab di dalamnya ya? Terima kasih sebelumnya :)

tya zuhrotin nisa said...

Halo, untuk novel kidung malam cetakan pertama ada berapa bab di dalamnya ya? Terima kasih sebelumnya :)